Entri Populer

Sabtu, 12 Maret 2011

PROFIL/ SEJARAH SINGKAT GESPALA SMKN 3 TANJUNG SELOR DAN ATRIBUTNYA

*GESPALA
                
Adalah Organisasi Siswa Pencinta Alam SMKN 3 Tanjung Selor, kepanjangan dari Gerakan Siswa Pecinta Alam. GESPALA berkedudukan  di SMKN 3 Tanjung Selor di tanjung Selor, beralamatkan di Jl. Poros Tanah Kuning Km 09 Tanjung Selor Kab. Bulungan. Organisasi ini didirikan di Tanjung Selor, pada tanggal 18 Juni 2008 Oleh Kepala Sekolah SMKN 3 Tanjung Selor, yang dibantu Oleh Beberapa Dewan Guru yang Peduli akan kelestarian alam dan kreatifitas Siswa. Adapun Asas  organisasi ini berasaskan persaudaraan, persamaan, kemerdekaan dan gotong royong, yang didasari oleh semangat kemanusiaan yang adil dan beradab. Dan Organisasi ini bertujuan untuk menumbuhkan, memupuk, membina dan mengembangkan kecintaan terhadap alam beserta segenap isinya sebagai pernyataan rasa cinta terhadap Tuhan sebagai pencipta, Organisasi ini bertujuan pula untuk mengembangkan dan membina pribadi yang luhur, ketahanan jasmani dan rohani, serta ilmu pengetahuan demi kemanusiaan. Adapun Kiat-kiat untuk mencapai tujuan Organisasi ini bekerja sendiri maupun bekerjasama dengan organisasi-organisasi dan badan-badan lain yang seasas dengannya, menyelenggarakan usaha-usaha, kegiatan-kegiatan serta tindakan-tindakan yang positif untuk mengenal dan mencintai alam, kemanusiaan dan ilmu pengetahuan.

*LAMBANG,
      
Lambang GESPALA adalah lambang Gunung Putih, burung Enggang hitam dan putih ditambah dengan gambar arah mata angin dan jalur sungai warna kuning memanjang di bawah gunung putih

*BENDERA

Bendera GESPALA  berukuran panjang 180 cm dan lebar 60 cm dengan warna dasar biru, garis pinggir kuning. Dengan gambar logo Gespala Ditengah, dengan gambar lambang Gunung Putih dapat di artikan bahwa anggota Gespala mempunyai cita-cita tinggi dan mulia tapi tetap tidak melupakan kerendahan hati , burung Enggang sebagai lambang burung khas kalimantan, dan  dengan gambar arah mata angin putih di atas gunung sebagai simbol arah tujuan hidup anggota Gespala dan jalur sungai warna kuning  di bawah gunung Putih bisa diartikan bahwa anggota Gespala nantinya bisa menjadi generasi-generasi penerus yang bermanfaat baik diri sndiri, keluarga ,bangsa dan Negara. 

2 komentar:

  1. Ok...... Bagus...... silahkan kembangkan kreasi dan inovasi... maju terus gespala... berikan yang terbaik untuk bangsa dan negara...jangan berhenti sampai disini masih banyak lahan perjuangan untuk melestarikan alam ini.. salam lestari...

    BalasHapus
  2. Trima Kasih Pak sudah mengunjungi blog GESPALA, semoga masukan dan harapannya bisa terwujudkan.Dan semoga Blog GESPALA ini jga sbgai media informasi k dunia luar Tanjung Selor/ Bulungan utk mengenalkan SMKN 3 Tanjung Selor sebagai almamter dari GESPALA..khususnya dalam bidang lingkungan hidup..salam lestari.

    BalasHapus